Menu Close

KONI Kota Blitar “Belajar” ke KONI Badung, Menyangkut Soal Apa?

Mangupura, Koni Badung – Pengurus lengkap KONI Blitar, Jawa Timur Senen (13-05-2024), melakukan kunjungan ke KONI Badung, Bali, diterima di Kantor KONI Badung bilangan Kwanji Dalung, Kuta Utara.

Pengurus KONI Blitar berjumlah 21 orang dipimpin Ketua Umumnya Sukardji, didampingi Ketua DPRD Kota Blitar dr. Syahrul Alim, Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Agus Zunaedi SE, dan Kadispora Blitar Moh, Aminurcholis.

Ketum KONI Blitar Sukardji mengatakan, mereka ingin belajar dari KONI Badung yang sudah 9 kali menjadi juara Umum Pekan Olahraga Provinsi Bali. Ia juga menanyakan persoalan KONI Badung Sport Tourism dan strategi pembinaan atlet di Badung.

Hal serupa juga dikatakan Ketua DPRD Blitar dr. Syahrul Amin, bahwa KONI daerahnya perlu banyak mencari ilmu ke KONI lain, termasuk ke Badung. Sebab perkembangan olahraga di daerahnya masih belum maju seperti kota-kota atau daerah lain.

Dalam pertemuan tersebut Ketua Umum KONI Badung Made Nariana, didampingi Wakil Ketuanya Wayan Tirta dan Ketut Widia Astika serta KTU AA Rawat Dwaja memaparkan banyak hal mengenai KONI Badung.

Nariana mengatakan, KONI Badung kini memiliki 56 Pengurus Kabupaten (Pengkab) Cabang olahraga sebagai anggota.

Semua anggota setiap tahun mendapat dana pembinaan dan bantuan dana peralatan sesuai dengan prestasi masing-masing. Makin banyak satu cabang olahraga dapat emas dalam Porprov Bali, makin banyak bantuan dana pembinaan yang diberikan KONI Badung.

Perekrutan atlet dimulai dari remaja khususnya anak-anak sekolah. KONI merekrut atlet melalui cabor dalam Pekan Olahragta Pelajar, atau atlet yang berkembang di masyarakat melalui berbagai klub/sasana/dojang, serta cara lain yang dibenarkan aturan KONI sendiri.

Nariana mengatatakan, untuk kemajuan atlet di cabor KONI selalu melakukan monitrong dan evaluasi (monev). Selain melakukan pengawasan yang ketat, juga menjaga komunikasi antar cabor, atlet, orangtua dengan jajaran pengurus KONI.

“Kami rutin melakukan motivasi kepada atlet, seperti berkumpul bersama di Pantai, sehinggam mereka memiliki semangat juang dan punya fanatisme terhadap Badung,” kata Nariana.

Menurutnya fanatisme penting, sehingga tidak kalah mental saat bertanding dengan lawan.

Selain itu, KONI Badung juga menjelaskan masalah kegiatan Sport Tourism yang dilakukan KONI sejak tahun 2023. KONI Blitar ingin banyak tahu soal KONI Badung Sport Tourism, sebab baginya itu merupakan hal baru di dunia olahraga, dikaitkan dengan dunia pariwisata.

Rombongan KONI Blitar usai bertamu  KONI Badung lanjut melakukan tour ke sejumlah obyek wisata di Badung, termasuk ingin melihat venue Sport Tourism di daerah keris itu. (*)

 

Penyerahan cendera mata dari KONi Blitar kepada KONi Badung yang diterima Ketum Made Nariana
Suasana pertemuan antara KONi Badung dengan KONi Kota Blitar di ruang pertemuan Sekretariat KONi Badung