Menu Close

Dana Cair, KONI Badung Harapkan Pembinaan Atlet Makin Dimantapkan

Mangupura, Koni BadungDalam bulan Mei dan Juni 2024, KONI Badung mulai mencairkan dana pembinaan kepada Cabang Olahraga (cabor) anggota KONI. Selain itu juga diturunkan  bantuan dana peralatan.

Ketika dihubungi media ini Kamis, 9 Mei 2024 – Ketua Umum KONI Badung Made Nariana menjelaskan, jika ada dana yang belum turun pasti akibat administrasi belum lengkap dari Pengurus Cabor.

“Mereka yang sudah lengkap, dana-dana tersebut sudah dapat dikirim melalui rekening bank anggota KONI masing-masing,” kata Nariana.

Ia menjelaskan program KONI selanjutnya adalah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke cabor-cabor. Akan dilaksanakan dua macam monev. Satu monev pelaksanaan pelatihan atlet, dan kedua khusus monev pelaksanaan administrasi masalah penggunaan keuangan di setiap Pengkab Cabor.

Monev pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan langsung ke lapangan. Sementara monev keuangan dapat dilakukan ke lapangan dan juga dapat dipanggil Bendahara Cabor dengan dilakukan pemeriksan di Kantor KONI.

Nariana mengatakan, dia minta semua pengurus kabupaten (pengkab) cabor mencatat pengeluaran dengan rinci, sehingga tidak ada kesalahan penggunaan dana.

“Ini sesuai dengan permintaan  pejabat yang selalu memeriksa penggunaan dana KONI beberapa tahun belakangan ini,” pesan Nariana.

Di bagian lain Ketua Umum KONI itu menjelaskan, program lain yang dilakukan KONI Badung tahun ini adalah melakukan “KONI Badung Sport Tourism 2024” (KBST-24).

Program tersebut dilaksanakan 10 Cabor, mulai 13 Juni 2024 dan ditutup tanggal 4 Agustus 2024.

KBST-24 selain untuk mendukung program Badung sebagai tujuan wisata dunia – juga meningkatkan prestasi atlet Badung dan Bali umumnya. Atlet di Bali dapat melakukan try in (uji coba latihan di dalam), dengan atlet luar Bali dan atlet mancanegara.

Uji coba ini penting bagi atlet Bali dan Badung, guna menghadapi PON 2024 di Aceh/Sumatra Utara dan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali tahun 2025.

“Bahkan menghadapi Porprov Bali 2025, KONI Badung pertengahan Juni 2024 ini juga melakukan Pelatihan Pelatih (Training of  Trainers/TOT) lanjutan bagi pelatih-pelatih di Cabor KONI Badung,” kata Nariana, mantan Ketua Umum KONI Bali itu. (*)