Menu Close

PODSI Bali Jajaki Pembentukan Pengkab PODSI Badung

Mangupura, Koni Badung -Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Provinsi (Pemprov) Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI) Bali, Ari Sapta, Senin (6 Mei 2024), bertemu Ketua Umum KONI Badung Made Nariana, di Kantor KONI Badung bilangan Kwanji Dalung – Kuta Utara.

Salah satu pengurus PODSI Bali itu melaporkan, satu atlet dayung asal Badung bernama Lukas Gallu Beko, lolos PON Aceh-Sumut tahun 2024 untuk nomor Sup (Stand up Paddle). Ari juga ingin membentuk Pengkab (Pengurus Kabupaten) PODSI Badung, sehingga ke depan di daerah keris ini muncul atlet dayung yang memiliki prestasi nasional dan internasional.

Sebagaimana diketahui cabang olahraga dayung memiliki nomor-nomor pertandingan seperti rowing, dragon boat (tradisional boat), kayak, canoe dan stand up paddle (Sup).

Ia mengatakan, selama ini nomor Sup di dayung sudah berkembang di Pantai Jerman Badung, namun masih sejauh untuk kepentingan pariwisata. Banyak turis menyewa alat dayung guna main dayung nomor Sup di Pantai (laut) di Pantai Jerman Kuta.

Pemprov PODSI Bali ingin mengembangkan olahraga dayung yang sudah pernah ada di Bali sebelumnya. Dengan demikian dapat dikembangkan untuk olahraga prestasi, sehingga dapat ikut kejuaraan nasional maunpun internasional.

Atas keinginan PODSI Bali itu, Ketum KONI Badung menyambut dengan baik. Silahkan bentuk Pengkab PODSI Badung sepanjang dapat dikembangkan minimal di lima kabupaten di Bali.

Nariana mengharapkan, setiap cabor yang dikembangkan di Bali, harus ada minimal di lima kabupaten/kota sehingga dapat ikut Pekan Olahraga Provinsi  setiap dua tahun sekali.

“Percuma jika hanya berkembang Pengkab Cabor itu di dua kabupaten/kota,” kata Nariana serius.

Nariana juga minta, atlet Badung yang lolos PON segera didaftarkan ke KONI Badung guna dicarikan Kartu Tanda Anggota (KTA) KONI.

Kata Nariana, jika semua dengan tertib terdaftar di KONI Badung, maka baik Pengkab maupun atletnya akan dapat diberikan dana pembinaan sesuai kemampuan yang ada. (*)