Menu Close

Sejarah Pertama Kalinya, Surfer Indonesia Lolos Semifinal WSL Championship Tour

Koni Badung,- Peselancar Badung Rio Waida secara mengejutkan berhasil lolos ke babak semifinal WSL Championship Tour 2024.



Ini menjadi sejarah karena baru pertama kalinya Surfer Indonesia berhasil lolos ke semifinal WSL Championship Tour.

Pada ajang yang sedang berlangsung di Bells Beach, Australia tersebut, Rio mengalahkan peselancar asal Amerika Kade Matson pada heat ke 4.

Pada babak semifinal yang berlangsung hari ini, Rio akan melawan wakil USA lainnya, Griffin Colapinto.

Seperti diketahui, Rio Waida menjadi atlet ketujuh yang berhasil lolos untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024.

Olimpiade 2024 akan berlangsung di Paris, Prancis, pada 26 Juli hingga 11 Juli. Sebanyak 10.500 atlet akan ambil bagian dari 32 cabang olahraga yang meliputi 329 nomor.

Pada edisi sebelumnya, Olimpiade Tokyo 2020 (2021), sebanyak 28 atlet Indonesia ambil bagian. Jumlah itu tampil dalam delapan cabang olahraga.

Hingga berita ini ditulis, baru tujuh atlet Indonesia yang sudah meraih tiket. Termasuk salah satunya atlet PSOI Badung Rio Waida.

Berikut daftar ketujuh atlet tersebut:

1. Arif Dwi Pangestu

Arif adalah atlet pertama Indonesia yang lolos ke Olimpiade 2024. Kepastian itu didapat atlet 19 tahun ini saat tampil dalam Kejuaraan Dunia Panahan 2023 di Berlin, Jerman.

Pemanah Indonesia Arif Dwi Pangestu lolos ke Olimpiade 2024.

Dalam kejuaraan pada Agustus ini Arif menempati posisi keempat untuk nomor recurve individu putra. Ini adalah kali kedua Arif tampil di Olimpiade.

Pada Olimpiade 2020 Tokyo, Arif hanya mampu finis di posisi ke-32.

2. Desak Made Rita Kusuma Dewi

Beberapa hari setelah Arif dapat tiket, giliran atlet panjat tebing putri Indonesia asal Buleleng, Bali, pada nomor speed, Desak Made Rita memastikan tiket Olimpiade 2024.

Desak Made Rita Kusuma Dewi andalan Indonesia merebut emas.

Itu didapat Desak saat tampil dalam Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023 di Bern, Swiss. Catatan waktu Desak adalah waktu 6,49 detik.

Desak disebut-sebut menjadi salah satu andalan Indonesia untuk merebut medali emas di Olimpiade 2024 di luar cabang badminton.

3. Diananda Choirunisa

Pada September 2023, atlet panahan putri Indonesia memastikan tiket kedua lewat Diananda. hal itu diraih setelah meraih medali perunggu Asian Games 2023.

Diananda Choirunisa kali kedua tampil di Olimpiade untuk Indonesia.

Diananda tampil di nomor mixed team recurve bersama Riau Ega Agatha. Atlet 26 tahun ini dapat tiket karena wakil Korea Selatan sudah memenuhi kuota.

Dinanda juga sempat tampil di Olimpiade 2020 pada nomor individual dan mixed team.

4. Rifda Irfanaluthfi

Bulan berikutnya, Oktober 2023, Rifda memastikan tiket Olimpiade 2024 saat tampil dalam ajang World Artistic Gymnastic Championship 2023 di Belgia.

Rifda Irfanaluthfi mencetak sejarah Indonesia di Olimpiade 2024.

Pada kejuaraan ini Rifda menempati peringkat ke-52. Namun atlet dari 12 negara yang sudah lolos tak dihitung, sehingga posisinya naik ke peringkat 15.

Rifda merupakan pesenam pertama Indonesia yang berhasil lolos ke Olimpiade.

5. Rahmad Adi Mulyono

Jumlah atlet Indonesia dari cabang olahraga panjat tebing bertambah setelah Rahmad tampil di IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta pada November.

Rahmad Adi Mulyono usai sukses meraih tiket Olimpiade Paris 2024.

Rahmad meraih tiket nomor speed putra setelah mengalahkan kompatriotnya Kiromal Katibin pada partai final. Ia mencatatkan waktu 5,35 detik.

6. Fathur Gustafian

Fathur memastikan tiket Olimpiade 2024 saat tampil dalam Asian Rifle/Pistol Championship 2024 di Jakarta pada 10 Januari 2024.

Atlet menembak Indonesia Fathur Gustafian saat memastikan lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Sejatinya Fatur hanya finis keempat pada nomor 10 meter Air Rifle putra. Namun ia berhak dapat tiket karena kuota China dan India sudah penuh untuk Olimpiade.

“Ini Olimpiade pertama saya. Sebelumnya saya berusaha untuk mendapatkan kuota di Korea Selatan, dua kali saya gagal, tapi hari ini luar biasa. Saya akan bekerja keras, mungkin medali saya ada di Olimpiade, semuanya punya peluang,” ujar Fathur usai memastikan langkah ke Olimpiade 2024.

7. Rio Waida

Surfer Indonesia, Rio Waida, menjadi atlet Indonesia ketujuh yang meraih tiket Olimpiade 2024 Paris. Kepastian itu diperoleh setelah dirinya tampil di International Surfing Association (ISA) World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico.

Rio Waida menjadi atlet ketujuh yang berhasil mendapat tiket Olimpiade Paris 2024.

Atlet asal Badung itu lolos ke Paris setelah menempati urutan kedua babak repechage 10 pada dengan 10,93 poin. Sebelumnya, hanya surfer yang berada di posisi tiga besar repechage 12 dipastikan memperoleh tiket Olimpiade.

Meski Rio sudah mendapat tiket Olimpiade 2024, dia masih harus melanjutkan kompetisi ke babak 11 repechage.

“Sangat luar biasa dan sangat indah dan jadi alasan kenapa saya ikut kejuaraan ini,” ujar Rio usai bertanding, Minggu (3/3/2024).

Skuad Merah Putih masih memiliki peluang untuk meloloskan lebih banyak atlet yang bisa bersaing di Paris. Hal itu menyusul masih adanya sejumlah turnamen penting untuk pengumpulan poin dan kualifikasi di beberapa cabang olahraga andalan, termasuk bulu tangkis hingga angkat besi. (war)