Menu Close

Sukses Pertahankan Juara Umum Porprov ke-9 kalinya, Kontingen Badung Diguyur Bonus

Mangupura,- Keberhasilan Kontingen Kabupaten Badung dalam mempertahankan juara umum kesembilan kalinya pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV tahun 2022 mendapat apresiasi berupa bonus dari Pemkab Badung. Bonus diserahkan Bupati Badung yang diwakili Kadispora Kabupaten Badung, I Gusti Made Dwipayana, SH., MSi. di Ruang Kerta Gosana Puspem Badung, Jumat (23/12). Acara pembagian bonus juga sekaligus dirangkaikan dengan pembubaran kontingen Kabupaten Badung. 

Dalam sambutannya Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas keberhasilan kontingen Badung meraih juara umum pada Porprov Bali XV tahun 2022. Ini menunjukkan bahwa atlet Badung mampu berprestasi di level daerah Bali dan diharapkan prestasi ini dapat dipertahankan demi nama baik Badung di kancah nasional maupun internasional, termasuk ajang PON di Sumatra Utara/ Aceh nanti

Ada beberapa poin penting lain yang disampaikan oleh Bupati Badung baik untuk KONI Badung maupun pimpinan cabor dibawah naungan nya.

Pertama, untuk cabor yang belum berprestasi dan yang belum mendapat medali emas agar segera berbenah dan dilakukan evaluasi sehingga dapat berprestasi ditahun kedepan.

Kedua, khusus untuk jajaran Pengurus KONI Badung agar segera melakukan evaluasi dan pembenahan menyeluruh terhadap hasil yang diperoleh kontingen Badung pada Porprov Bali XV 2022.

Sementara itu Ketua Umum KONI Badung I Made Nariana saat mengawali laporannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Bupati Badung, Bapak Wakil Bupati Badung, Ketua DPRD Badung, seluruh perangkat khususnya Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga atas dukungan sehingga Kontingen Badung bisa menjadi juara umum yang ke-9 kalinya berturut-turut. Ucapan terima kasih juga diperuntukkan buat para atlet, pelatih, manager, dan pengurus cabor sehingga beban yang disampaikan Bapak Bupati saat peresmian kotingen Badung bisa di wujudkan.

Ada hal menarik yang disampaikan Made Nariana yang sempat ditanya wartawan mengenai sampai kapan Kontingen Badung akan menjadi juara umum?

“Sampai Porprov Bali berakhir dan dibubarkan,” dijawabnya dengan penuh semangat.

Selama pelaksanaan Porprov Bali seluruh Pengurus KONI Badung turut hadir ke seluruh venues pertandingan yang tersebar di seluruh Bali untuk memberi semangat dan motivasi kepada atlet Badung dalam bertanding.

Hasilnya, perolehan medali kontingen Badung tidak terkejar oleh kontingen daerah lain dan dinyatakan secara resmi menjadi juara umum Porprov Bali XV 2022 dengan raihan total 177 emas, 124 perak, 132 medali perunggu.

“Perolehan medali kali ini meningkat signifikan dibanding Porprov Tabanan 2019 dimana Badung hanya memperoleh 156 emas, 108 perak, dan 94 perunggu. Hal ini menunjukkan bahwa pembinaan cabang olahraga di Badung berjalan dengan baik, ” jelasnya. 

Namum demikian, ada beberapa cabor yang dulu menjadi juara umum namun saat ini perolehan medalinya melorot tajam dan mendapat medali sedikit. Namun ada pula hal sebaliknya dimana ada beberapa cabor yang kurang diperhitungkan tetapi saat ini bisa menjadi juara umum.

Dalam evaluasi yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu, ada beberapa masukan dari peserta berupa rekomendasi untuk perbaikan pada penyelenggaraan Porprov mendatang.

Adapun beberapa rekomendasi untuk bahan evaluasi tersebut diantaranya, pertama berupa penyegaran kepengurusan di beberapa cabor yang kurang berprestasi.

Selanjutnya melakukan regenerasi atlet dan regenerasi pelatih. Hal terakhir yang menjadi bahan evaluasi adalah membuat program untuk meningkatkan kekompakan antar atlet, pelatih, official, manager, and pengurus antar cabor.

Dilaporkan lebih lanjut, jumlah atlet peraih medali emas perorangan sebanyak 106 orang dan medapat bonus sebesar Rp. 70 juta per orang. Nomor beregu 2-4 orang bonus Rp. 35 juta, 5-8 orang bonus Rp. 23 juta, 9-12 orang bonus Rp. 17,5 juta serta 13 orang dan seterusnya mendapat bonus sebesar Rp. 14 juta per orang.

Sedangkan untuk atlet peraih medali perak dan medali perunggu juga akan mendapat bonus dengan jumlah sesuai perhitungan yang sudah ditentukan.

Disamping para atlet, para manager, pelatih, dan official dari masing-masing cabor peraih medali juga akan diberikan bonus yang sesuai.

Seperti diberitahukan sebelumnya, besaran bonus yang akan dibagikan saat ini sebesar 37% sedangkan sisanya sebesar 63% akan dicairkan dalam tahun anggaran 2023.

Acara yang berlangsung sekitar dua jam tersebut, turut dihadiri oleh Anggota DPRD Kab. Badung, Pimpinan dan Pejabat di lingkungan Kab. Badung, Sekum KONI Badung Made Sutama, Wakil Ketua I Wayan Tirta, serta Pengurus KONI lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *