Menu Close

Indonesia Sisakan Komang Ayu di Semifinal Tunggal Putri Spain Masters 2024

Madrid, Koni Badung -Indonesia hanya menyisakan pemain asal Bali Komang Ayu Cahya Dewi, di babak semifinal turnamen BWF Super 300 Spain Masters 2024 yang bergulir di Madrid, Spanyol.

Komang Ayu yang harus melewati babak kualifikasi agar bisa berlaga di babak utama, melangkah ke semifinal setelah menumbangkan wakil Thailand Pornpicha Choeikeewong melalui straight game 21-14 dan 21-16 di babak perempatfinal.

Kemenangan Komang Ayu atas Choeikeewong sekaligus membayar kontan atas kekalahan yang dialami pada ajang Korea Masters 2023, dimana pemain kelahiran Buleleng berusia 21 tahun itu kalah 10-21 dan 17-21.

Sayangnya, tunggal putri Indonesia lainnya, Ester Nurumi Tri Wardoyo gagal mengikuti jejak Komang Ayu. Ester yang memiliki peringkat 38 dunia harus terhenti di perempat final setelah kalah dari unggulan ketiga asal Korea Selatan, Kim Ga Eun, 19-21 dan 16-21.

Pada babak semifinal yang dijadwalkan Sabtu (30/3/2024) malam ini, Komang Ayu yang memiliki peringkat 57 dunia, akan bertemu unggulan keempat asal Thailand, Ratchanok Intanon yang notabene mantan ratu bulu tangkis dunia.

Sudah pasti kualitas Intanon yang kini berperingkat 14 dunia, lebih berat dibandingkan Choeikeewong yang peringkatnya berada di posisi 43 dunia. Pastinya Komang Ayu membutuhkan perjuangan ekstra berat jika mau melewati hadangan Intanon jika ingin melangkah ke babak final.

Komang Ayu sendiri sudah membuktikan bahwa soal peringkat sebenarnya hanya angka-angka. Ini ia lakukan saat peraih medali perak PON XX di Papua itu melewati handangan pemain pebulutangkis Taiwan Shuo Yun Sung yang punya peringkat 30 dunia, dengan dua game langsung 21-14 dan 21-16.

Sementara semifinalis lainnya di tunggal putri akan diisi pertemuan antara Kim Ga Eun dengan perwakilan Thailand lainnya, Supanida Katethong yang secara mengejutkan menyingkirkan unggulan kedua asal India, Pusarla Venkata Sindhu melalui pertarungan tiga game 24-26, 21-17 dan 22-20. ger